Reservasi

Jl. Murbei no 17A-B Sumurboto Banyumanik Semarang +62-818716073

Spesialis THTTak BerkategoriTenggorokan

Tonsilektomi atau operasi amandel

Bagaimana Operasi Amandel/ Tonsilektomi

penjelasan bisa dilihat pada pdf tutorial dibawah ini. Sebagai penjelasan untuk bapak ibu dalam rangka persiapan operasi amandel dan hal hal yang harus diketahui sebelum dan sesudah operasi amandel.

#dokterTHTsemarang @drhennytht

Bagaimana Operasi Amandel/ Tonsilektomi

Pengertian operasi amandel

Operasi amandel adalah prosedur pembedahan untuk mengangkat amandel (tonsil) yang paling sering dilakukan akibat peradangan amandel (tonsillitis).

Amandel (tonsil) merupakan dua jaringan getah bening yang berbentuk oval dan terletak di bagian belakang tenggorokan kanan dan kiri.

Penyakit ini biasanya paling sering terjadi pada anak-anak, hal ini dikarenakan sistem imun atau kekebalan tubuh pada anak kecil belum sepenuhnya aktif.

Hal ini membuat penderitanya akan merasakan sakit dan ketidaknyamanan yang luar biasa pada tenggorokannya.

Biasanya operasi amandel harus dilakukan ketika tidak ada cara lain untuk menyembuhkan penyakit ini. Meski operasi ini tidak berbahaya, tetapi kamu harus mengetahui efek samping yang mungkin terjadi setelah operasi ini dilakukan.

Karena efek samping di setiap orang berbeda, tergantung dari kondisi tubuh dan metabolisme tiap orang.

Prosedur operasi

Sebelum kamu melakukan operasi penyakit ini, kamu sebaiknya mengetahui beberapa prosedur amandel terlebih untuk anak-anak. Ada 3 tahapan prosedur yang sebaiknya kamu lakukan, untuk lebih jelasnya berikut uraiannya:

  • Sebelum operasi

Biasanya sebelum melakukan operasi, kamu harus berhenti makan ataupun minum. Hal ini diharuskan karena saat melakukan operasi, perut kamu harus dalam keadaan kosong.

Jika hal ini akan dilakukan pada anak, orang tua sebaiknya menemani supaya anak tidak merasa takut dan cemas.

  • Saat operasi

Biasanya dokter akan memberikan anastesi atau obat bius agar pasien tidak merasakan sakit selama menjalankan operasi. Kemudian, dokter akan mengangkat amandel dari dalam mulut kamu. 

Saat proses bedah, biasanya dokter menggunakan  alat bedah khusus yang memilki energi panas untuk menghilangkan atau menghancurkan jaringan, dan juga menghentikan pendarahan. Operasi ini biasanya akan berlangsung selama 45 – 60 menit.

  • Setelah operasi

Pada umumnya setelah melakukan operasi, pasien akan pulang dan melakukan prosedur rawat jalan. Tetapi ada juga yang harus menjalani rawat inap sampai kondisi benar-benar pulih. 

Hampir setiap orang yang melakukan operasi ini akan merasakan nyeri di tenggorokan dan telinga, bahkan ada juga merasakan sakit di leher dan rahang.

Jika terasa sakit, sebaiknya kamu minum obat segera mungkin. Biasanya dokter juga akan memberikan obat penghilang rasa sakit untuk meredakan rasa nyeri setelah operasi.

 

Call Now ButtonCall